Tips Cara Membeli Tanah Dengan Aman Dan Murah

30 Mei 2018

Cara membeli tanah- tanah tak hanya disajikan sebagai ladang usaha saja. namun, investasi yang akan menguntungkan dimasa yang akan datang. Investasi tanah memang tak membutuhkan perawatan yang bearti,namun hasil yang akan didapatkan dimasa mendatang cukup menjanjikan karena alsan inilah banyak orang yang berbandong membeli tanah untuk mereka jadikan investasi tanah dihari tuanya.

Untuk membeli tanah sangat banyak cara untuk membelinya, jika anda memang memiliki budget yang besar, maka mudah sajua ladang melakukan transaksi pembelian tanah. Karena sangat banyak tanha yang berada di pinggir jalan atau jalan lainnya yang bisa anda lewati untuk membeli tanah, anda juga bisa membeli tanah dengan melalui bank atau Kpr. Dan ada juga membeli tanah tanpa modal, dan sangat banyak orang menggunakan bank atau kpr karena dalam proses pembelianya sangat mudah dan cepat. Berikut adalah cara untuk membeli tanah dengan mudah dan cepat:

1. Tips cara membeli tanah dengan kredit bank

Cara untuk membeli tanah dengan bank sangat mudah dan cepat untuk itu ada juga langkah-langkah untuk melakukan pembelian yang melalui bank, biasnya bank megunakan cara kredit bank agar proses pembelian tanah lebih cepat dan mudah. Berikut adalah langkah untuk membeli tanah dengan kredit bank.

A. Periksa sertifikat tanah – sertifikat tanah adalah dokumen paling penting dalam hal jual beli tanah. Karena hanya dokumen inilah yang bisa menjadi bukti kuat untuk kepemilikan tanah. Untuk itu periksa kelengkapannya sebelum melakukan transaksi.

B. Pastikan juga pemegang hak tanah – selain sertifikat, pemegang hak tanah juga harus anda pastikan terlebih dahulu.dalam kasus jual beli tanah sudah banyak yang tertipu dengan melakukan transaksi bukan dengan pemegang hak tanah asli.

C. Konfirmasi dengan bank kredit – setelah semuanya jelas, langkahselanjutnya adalah menanyakan pada pihak bank kredit yang bersangkutan. Tanyakan saja apakah tanah yang akan dijual surat-suratnya sudah lengkap dan resmi atau belum.

D. Cek keabsahan sertifikat – lakukanlah pengecekan keabsahan sertifikat tanha yang akan beli ke kelurahan atau bisa juga notaris maupun BPN.

E. Sasuaikan dengan surat-surat yang anda buat- apakah sudah sesuai, apabila semua surat sesuai maka anda bisa mendatangi bank untuk menyerahkan surat tersebut, dan pihak bank akan membantu anda untuk membeli tanah tersebut.

2. Cara membeli tanah dengan KPR

Sebenarnya membeli tanah dengan melalui KPR sama juga dengan Membeli tanah dengan Bank. Namun, yang membedakan hanyalah pada kegunaan tanah yang akan anda beli. Untuk membeli tanah lewat KPR ini biasanya harus untuk kebutuhan tempat tinggal, bukan digunakan untuk investasi. Untuk cara dan prosedurnya masih sama dengan cara lewat Bank. Yang paling penting adalah memeriksadengan teliti sertifikat tanah yang akan dibeli, memastikan pemegang hak tanah, mengajukan pengkreditan dengan bank, dan penyesuaian dengan kemampuan financil anda.

Demikian dengan artikel ini tentang tips cara membeli tanah dengan mudah dan cepat, namun tips yang paling penting adalah memeriksakembali surat tanah dan pemegang hak tanah karena hal ini akan terhindar dari penipuan, sangat banyak yang terkenak hal yang sama karena hanya kurang teliti terhapad surat tersebut dan untuk penjelasan ini semoga bermanfaat untuk anda agar terhindar dari penipuan.

Baca juga:

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *