Teknik Menghitung Harga Tanah Per Meter Persegi

29 Januari 2018

Teknik Menghitung Harga Tanah Per Meter Persegi – Harga tanah semakin hari memang semakin mahal. Setiap hari ada tanah yang dibangun rumah. Baik dikota maupun didesa harga tanah melambung tinggi. Harga tanah melambung dikarenakan penduduk yang semakin bertambah, lokasi yang strategis untuk usaha, tanah pinggir jalan atau lain sebagainya.

Jika anda ingin menjual tanah jangan sembarangan menentukan harga, bisa-bisa anda rugi dan bisa jadi tanah anda tidak laku karena terlalu mahal. Untuk menghindari hal tersebut anda perlu memerhatikan lokasi, luas, dan kepadatan penduduk. Selain itu anda juga harus tahu bagaimana cara menghitung harga tanah per meter persegi agar taksiran harga tepat.

Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk menghitung harga tanah per meter persegi dengan menggunakan acuan PBB. Cara ini jarang sekali digunakan oleh masyarakat sekarang karena bisa rugi dengan hitungan tersebut. Berikut cara perhitungan harga tanah.

Contoh Perhitungan
Bu Tukiem memiliki tanah seluas 20 dan luas bangunan 12 merer persegi. Bu Tukiem ini memiliki anak dan ingin masuk keperguruan tinggi. Karena biaya masuk kuliah mahal maka Bu Tukiem menjual tanahnya ke makelar tanah. Hitunglah harga jual tanah uang tepat juka harga tanah 3.000.000/meter dan harga bangunan sebesar 5.000.000.

Cara menghitung harga tanah per meter persegi
DIK:
Luas tanah 20 meter persegi
Luas bangunan 12 meter persegi
Harga tanah per meter2 3.000.000
Harga Bangunan per meter2 5.000.000

20 x 3.000.000 = 60.000.000
12 x 5.000.000 = 60.000.000
Jumlah = 120.000.000

Ingatlah harga permeter itu anda yang menentukan sesuai minat dan pasaran. Jadi 3 juta diatas bukan menjadi patokan. ini hanya sebagai contoh perhitungan saja.

Kira begitulah cara perhitungan harga tanah per meter persegi yang mudah. Sekarang anda jangan bingung menjual atau membeli tanah dan bangunan, apalagi jika ada seorang makelar tanah. Cara ini sangat mempermudah dalam melakukan bisnis jual beli tanah. Dalam menentukan harga per meter persegi anda melihat lokasi, kepadatan penduduk dan survei tetangga terdekat.

Baca Juga : 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *