Perkiraan Harga Tanah Lubuk Pakam

15 Januari 2017

Perkiraan Harga Tanah Lubuk Pakam – Tanah perbatasan antara Kabupaten Deli Serdang dan  Kota Medan kini semakin diincar, diburu ataupun diminati oelh para investor, yang akan dibangun atau dijadikan lokasi perumahan, pergudangan, pabrik dan pusat pertokoan.

“Kalangan investor tertarik membeli lahan di sekitar perbatasan Deli Serdang-Medan, karena dari sisi bisnis dianggap cukup prospektif dan harganya relatif lebih rendah,” kata salah seorang pengusaha properti, yang berada di Namorambe, Deli Serdang.

Gudang di Lubuk pakamLahan atau tanah kosong yang ada di Deli Serdang yang dominan diminati para investor untuk dijadikan lokasi perumahan antara lain  Medan Estate Kecamatan Percut Sei Tuan,  Tanjung Morawa, Deli Tua, Namorambe, Sunggal serta Hamparan Perak. Besarnya minat dari para investor untuk membeli lahan di perbatasan Deli Serdang-Medan ikut mendongkrak harga tanah di kawasan itu, bahkan tidak sedikit para pemilik tanah menjual di atas nilai jual objek pajak (NJOP).

Perkiraan Harga tanah di  Lubuk Pakam khususnya sekitar Namorambe, misalnya, saat ini telah berkisar antara Rp300.000,- hingga Rp500.000,- per meter, atau naik sekitar 100 persen lebih jika dibanding dengan harga tanah dua tahun yang lalu. “Saya memprediksi harga tanah di kawasan ini akan terus bergerak naik, karena permintaan pasar juga terus meningkat,” ujarnya.

Beliau juga menambahkan, untuk saat ini mencari lahan kosong dengan areal relatif luas atau minimal satu hektare di sekitar perbatasan Deli Serdang-Medan dewasa ini sudah sangat sulit, sebab sebagian besar sudah dimiliki oleh para investor.

Sangking gencarnya para investor itu membeli lahan dan menanamkan modal di Deli Serdang selama ini diperkirakan masih belum memberi kontribusi optimal bagi pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab setempat yang selama tahun 2009 lalu hanya terealisasi sebesar Rp115 miliar lebih. Wakil Bupati Deli Serdang, Zainuddin Mars, mengatakan, PAD Deli Serdang tahun 2009 dinilai masih belum menggembirakan jika dilihat dari potensi sumber daya alam dan letak geografis kabupaten itu yang mengelilingi Kota Medan.

“Melihat potensi sumber daya alam dan letak Deli Serdang yang mengelilingi Kota Medan serta ditopang APBD yang mencapai Rp1,3 triliun, PAD Deli Serdang tahun 2009 lalu seyogyanya mencapai Rp300 miliar lebih,” katanya.

Jadi, Menurut Wakil Bupati Deli Serdang, perkiraan harga tanah lubuk pakam akan terus bergerak naik dari tahun ke tahun karena melihat proses pembangunan yang masih merata di kota medan ini.

Baca Juga : 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *