Kisaran Harga Tanah Di Tangerang

13 Januari 2017

Kisaran Harga Tanah Di Tangerang

Harga properti Tangerang terkini, Cushman & Wakefield Indonesia, salah satu perusahaan konsultan properti memaparkan harga tanah di beberapa perumahan di Tangerang. Simak berikut ini:

1. Alam Sutera

Alam Sutera

Perumahan yang dikelola PT Alam Sutera Realty Tbk (ASRI) memang menjadi salah satu properti ‘hot’ di Tangerang, karena letaknya persis di samping ruas tol Jakarta-Merak.

Menurut hasil riset Cushman & Wakefield harga tanah di Alam Sutera berada pada kisaran Rp 9,1 – 15,9 juta per m2. Harga terbaru ini tentu jauh lebih mahal dibandingkan puluhan tahunan lalu saat perumahan ini baru mulai berdiri.

Bahkan untuk titik tertentu, harga tanah di Alam Sutera jauh lebih tinggi dari Rp 10,5 juta per m2. Ini disebabkan oleh pasar skunder terbentuk secara alamiah karena tingginya permintaan.

2. Bintaro Jaya

Bintaro Jaya

Bintaro Jaya bisa dikatakan salah satu pelopor kota mandiri pertama yang sukses. Dibawah ‘bendara’ grup Jaya Property, yakni PT Jaya Real Property, Bintaro Jaya jadi buruan pencari rumah karena letaknya yang paling dekat dengan Jakarta Selatan.

Harga tanah di Bintaro Jaya kini berkisar Rp 7,9 – 13 juta per m2. Bintaro juga didukung oleh sarana trasportasi umum, khususnya KRL yang memudahkan penghuni menuju ke pusat kota.

Kota mandiri yang mulai dibangun tahun 1979 ini makin padat sejak beroperasinya tol Jakarta-Bintaro. Kota ini berada di Kota Jakarta Selatan dan menyebar ke Kabupaten Tangerang (Sektor 2-Graha Raya) dan Kota Tangerang Selatan. Kini luasnya telah mencapai 1.000 ha.

3. BSD City

BSD City

BSD City menjadi kota mandiri yang paling dikenal masyarakat. Dengan land bank yang masih besar, pengelola terus memperkenalkan kluster baru.

Harga tanah kawasan ini pun tidak lagi dikatakan murah. Cushman & Wakefield mencatat tanah BSD City kini dihargai Rp 5,2 – 10,4 juta per m2. Manajemen Sinarmas Land selaku induk dari BSD City bahkan menegaskan, sulit menemui harga rumah di bawah Rp 1 miliar.

Managing Director Corporate Strategy & Services Sinarmas Land Ishak Chandra menjelaskan, harga tanah yang BSD City bebaskan untuk membangun kluster baru pun sudah semakin mahal.

4. Citra Raya

Citra Raya

Tanah di perumahan ini relatif murah dibandingkan kawasan lain. Sekitar Rp 2,9 juta per m2 menjadi rata-rata di pasaran.

Perumahan Cita Raya merupakan salah satu proyek milik Ir. Ciputra, salah satu tokoh properti terkemuka di Indonesia. Citra Raya berada di Tangerang Barat dengan total lahan seluas 2.760 ha.

Konsep Citra Raya adalah konsep perkotaan yang berkelanjutan. Hingga kini Citra Raya Tangerang telah terbangun sebanyak 18.125 unit rumah, 1.500 unit commercials dengan total lahan yang dipergunakan sekitar 1.000 ha. Jumlah penghuni sekitar 85.000 jiwa.

5. Lippo Village

Lippo Village

Perumahaan Lippo Village merupakan kawasan yang dikelola oleh PT Lippo Karawaci Tbk. Letak perumahan ini berada tidak jauh dari BSD City dan telah menjadi kota mandiri yang cukup lama.

Lippo Village yang berada 30 km di Barat Jakarta ini mulai dikembangkan sejak awal tahun 1990, dan harga tanah Lippo Village berkisar Rp 7,8 – 15,5 juta per m2. Rentan yang yang cukup lebar ini didasarkan oleh posisi tanah yang bersangkutan.

Lippo Village sejak awal berdiri hinggi ini terus berbenah dengan penambahan fasilitas dan infrastruktur. Lippo Village kini telah dihuni oleh 50.000 orang.

6. Paramount Serpong

Paramount Serpong

Paramount Serpong juga salah satu acuan properti di Tangerang. Perumahan ini mulai bergeliah sejak 2006, dengan menguasai lahan 550 ha di Gading Serpong.

Konsep pengembangan yang diusung Paramount Serpong adalah kawasan terpadu, dan terbukti mampu eksis hingga kini. Harga tanah di Paramount Serpong kini mencapai Rp 6,5 – 9,1 juta per m2.

7. Kota Modern

Kota Modern

Kota Modern tak kalah mentereng. Kawasan terpadu di Tangerang ini juga tumbuh layaknya BSD City, Lippo Village atau lainnya. Harga tanah pun di Kota Modern terus merangkak.

Data Cushman & Wakefield memperlihatkan, tanah di Kota Modern kini mencapai Rp 5,9 – 8 juta per m2. Dengan harga tanah yang terus naik ini, pasaran rumah di Kota Modern terbilang mahal, mulai dari Rp 1,3 miliar untuk lebar 7 meter dan panjang antara 15-18 meter.

Baca Juga :

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *