Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah

16 Januari 2018

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Tanah – Investasi tanah merupakan salah satu investasi yang cukup disukai selain daripada investasi rumah, apartemen atau toko. Harga tanah memang pernah mengalami lonjakan yang berkali-kali lipat disekitaran tahun 2012-2013. Harga tanah semakin hari semakin tinggi dan akan terus meningkat sepanjang tahun-tahun berikutnya.

Jika anda berencana untuk investasi dalam bidang tanah, ada baiknya anda menyimak kelebihan dan kekurangan investasi tanah berikut ini :

Kelebihan Investasi Tanah

1. Kenaikan Capital Gain yang Tinggi

Sudah menjadi rahasia umum jika harga tanah akan terus menerus mengalami kenaikan yang cukup tinggi. Biasanya kenaikan tanah pertahun dapat mencapai 20-25%. Range dari kenaikan tersebut dipengaruhi dari lokasi tanah tersebut. Semakin baik lokasinya, maka kenaikannya akan menjadi lebih tinggi. Lokasi tanah yang baik disini adalah daerah tanah tersebut sedang dalam masa pembangunan dan diprediksi kedepannya akan menjadi daerah perumahan atau tempat umum yang banyak dikunjungi.

2. Memiliki Nilai tambah

Apabila anda memiliki sejumlah tanah dalam bidang luas, anda dapat membuat perumahan dengan sistem cluster, atau jika daerah anda merupakan daerah yang banyak pekerjanya, ada baiknya anda menggunakan tanah itu untuk membangun kos-kosan dan anda dapat menyewakannya. Dengan begitu anda akan memperoleh penghasilan setiap bulannya dari tanah dan kosan anda.

3. Minim Biaya Perawatan

Perawatan tanah kosong pastinya tidak terlalu menguras banyak uang ketimbang properti lainnya seperti rumah, apartemen, ruko dan kantor. Kalau properti yang sudah dilengkap bangunan, tentu ada biaya dan perawatan khusus yang mesti dikeluarkan setiap bulannya.

4. Dapat dibuat Bisnis Lain

Investasi tanah dapat juga digunakan untuk kepentingan lainnya dengan memanfaatkan tanah tersebut untuk lahan parkir atau digunakan untuk bercocok tanam. Jika tanah berada persis dipinggir jalan, maka dapat dimanfaatkan untuk membuka usaha cuci steam.

Kekurangan Invetasi Tanah

1. Minim Pemasukan

Jika tanah tersebut kosong selama 5 tahunan, maka anda akan mendapat kerugian dari jangka waktu tersebut dan tidak mendapatkan penghasilan sama sekali dari investasi tersebut. Oleh karena itu anda dapat mensiasatinya dengan cara membuka kos-kosan atau ruko.

2. Sifat Likuid Kecil

Beda halnya dengan emas, yang dapat dicairkan ke bentuk uang dengan cepat, proses pencairan tanah tentu memerlukan proses dan waktu. Oleh karena itu, jika anda ingin investasi cepat, maka investasi tanah bukanlah investasi yang cocok untuk anda.

3. Biaya Perawatan Melonjak

Semakin lama tanah tersebut kosong, maka ada kemungkinan patok tanah anda akan berkurang oleh karena orang lain yang memiliki tanah disekitar tanah anda. Pembayaran pajak yang terus berjalan setiap tahunya, dan tidak adanya pemasukan dari hasil tanah kosong yang anda miliki.

4. Modal Besar

Investasi tanah bukanlah investasi dengan uang kecil, maka jika anda tidak memiliki cukup modal sebaiknya memilih investasi lainnya.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *