Jenis Tanah Yang Baik Untuk dibeli

28 Mei 2018

Tanah adalah bagian paling luas yang mengisi lapisan kerak bumi. Tanah tersesun dari mineral dan butuan organik yang terbentuk dari proses pelapukan bebatuan yang berlangsung sangat lama. Tanah berperan sangat penting dalam siklus hidup di bumi. Karena tanah mengandung unsur hara yang menjadi sumber kehidupan tanaman.

Jenis tanah yang cocok untuk pertanian dan perkebunan adalah tanah yang memiliki karakteristik sebagai berikut.

  • mengandung banyak unsur organik
  • Ph < 7
  • tidak mengakses setelah ditanami
  • punya kelembaban tinggi, bahkan di musim kemarau
  • tidak ada lapidan pedas

Berikut adalah macam-macam tanah yang baik untuk di beli:

Tanah Regosol

Tanah Regosol merupakan salah satu sub jenis tanah Entisol. Yaitu tanah yang berasal dari pelapukan dari material yang dilakukan oleh letusan gunung berapi seperti debu, pasir, lahar, dan lapili. Jenis tanah ini belum mengalami perkembangan sempurna.

Tanah Latosol

Tanah latosol terbentuk dari pelapukan butuan sedimen dan metamorf. Perkembangan horizon tanah latosol berlangsung lambat sampai sedang. Hal ini karena sebagian besar didaerah yang lembab.

Tanah organosol

Tanah organosol terbentuk dari terbentuk dari pelapukan dan pembusukan bahan bahan organik. Tanah organosol biasanya dapat kita temui di daerah rawa-rawa atau daerah yang banyak tergenang air. Jadi dapat diterka jenis tanah ini sangat lembab karena tergenang air. Tanah organosol terbagi jadi dua macam, yaitu tanah humus dan tanah gembut.

Tanah humus

Tanah humus adalah jenis tanah yang sangat subur. Kandungan unsur hara yang tinggi membuat warnanya jadi kehitaman. Banyak digunakan unruk budidaya tanaman padi, nenas, dan kelapa. Tanah ini sangat banyak dijumpai di sumatra, sulawesi, kalimantan dan sebagian jawa.

Tanah gambut

Tanah gambut juga mengandung zat organik, tapi bersifat sangat asam. Sehingga kurang cocok unruk tanaman. Saat ini tanaman yang cocok di tanah gambut hanya kepala sawit.

Demikian dengan penjelasan artikel kami untuk membeli tanah yang bagus, semoga artikel ini bermanfaat dan

Baca juga:

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *