Jeli Dalam Memilih Tanah

20 Agustus 2018

Kondisi tanag sangat menentukan harga tanah, jia kondisi tanah anda baik dan layak dijual, apalagi subur, pastinya akan laku dengan harga yang tinggi.
Oleh sebab itu kita harus jeli dalam melihat dan memilih tanah untuk diperjualbelikan.
Nah maka artikel kali ini akan membahas hal tersebut, yaitu sebagai berikut ulasan dan tips baik untuk memilih tanah.

Kondisi tanah ini meliputi banyak hal, diantaranya adalah bentuk tanah, kerataan dan kepadatan tanah, ukuran tanah, dan hadap tanah, semua hal ini sangat penting Anda pertimbangkan. Untuk masalah bentuk tanah, biasanya pembeli lebih menyukai tanah yang memiliki bentuk persegi dan juga trapesium. Akan tetapi, kadang pembeli merasa enggan juga dengan bentuk persegi panjang yang lebar mukanya kurang bagus, khusus persegi panjang biasanya masih diminati selama lebar mukanya 40-75% dari total panjang tanah tersebut.

Untuk kerataan dan kepadatan tanah, ini juga akan menjadi masalah tersendiri bagi Anda karena pembeli lebih menyukai tanah yang rata dan juga padat, tanah yang tidak rata dan tidak padat tentu membutuhkan biaya untuk memperbaikinya, dan hal ini akan menjadi kelemahan dalam proses negosiasi, imbasnya adalah pembeli akan meminta potongan harga kepada Anda.

Untuk ukuran tanah, ini akan lebih baik jika Anda sesuaikan dengan lokasi tanah tersebut. Misalkan, jika Anda menemukan tanah di lokasi elit yang mayoritas adalah orang kaya, ukuran tanah yang lebih lebar akan lebih disukai karena orang kaya tentu memiliki keinginan membangun rumah mewah besar sesuai dengan impian mereka.

Dalam hal ini usahakan ukuran minimal tanah adalah 400m2, dan untuk lokasi yang mayoritas berkemampuan menengah ke bawah, usahakan ukuran maksimal tanah adalah 200m2. Ukuran ini lebih banyak diminati oleh kalangan menengah ke bawah karena harga yang lebih murah. Untuk posisi tanah, biasanya lebih disukai tanah yang menghadap utara dan selatan karena pencahayaan matahari yang merata, selain itu pembeli terkadang juga suka dengan tanah yang menghadap ke timur karena penyinaran matahari pagi.

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *