Harga Tanah di Balikpapan Selangit

16 Januari 2017

Harga Tanah di Balikpapan SelangitMaraknya pengembangan yang terjadi beberapa akahit tahun ini di kota Kalimantan Timur ini tak pelak ikut “mengerek” harga lahan ke level paling tinggi. Saat ini, harga lahan di kota Balik Papan berada pada posisi Rp 15 juta-Rp 18 juta per meter persegi.

Menurut salah satu pemgembang yang ikut membangun di kota Balikpapan ini, harga lahan “selangit” itu terjadi di kawasan premium kota yakni di sepanjang jalur Jendral Sudirman. “Sebetulnya pencapaian ini wajar saja mengingat di Jl Jend Sudirman merupakan pusat bisnis dan pemerintahan di kota balikpapan. Selain itu, aktifitas pembangunan fisik yang dilakukan sejumlah pengembang atas proyek baru mereka ikut mendongkrak nilai jual lahan tersebut.Harga Tanah di Balikpapan Selangit Yang melanjutkan, tingginya harga menyebabkan kelangkaan transaksi. Tak ada pihak yang mau melepas atau menjual aset lahan dan properti mereka. Kalau pun misalnya ada yang mau melepaskan lahan atau tanahnya tersebut, pastilah nilainya sudah melebihi asking price atau selangit dan bukan harga normal

Kawasan MT Haryono yang terdapat di kota Balik Papan menempati posisi kedua dengan harga lahan mencapai kisaran Rp 6 juta-8 juta/m2. Angka ini diproyeksikan akan terus bergerak naik jika Ciputra Development, salah sata pengembang terbesar di Indonesia memulai realisasi proyek superblok terbaru mereka yakni CitraCity Balikpapan di atas lahan seluas 9 ha. Saat Ciputra mengakuisisi Bukit Damai Indah pada 2007 silam, harga lahan di sini masih berkisar antara Rp 1,5 juta-Rp 2 juta/m2. Ini artinya pertumbuhannya nyaris enam ratus persen dan berdampak terhadap harga jual properti di atasnya yang sudah dipatok pada kisaran Rp 5 miliar-Rp 8 miliar per unit.

Harga lahan “paling bersahabat” mungkin masih bisa ditemui di kawasan DOME (Jl Ruhuy Rahayu dan Jl Syarifuddin Yoes) yakni Rp 4 jutaan/m2. Kendati terbilang rendah, patut diwaspadai potensi kenaikannya saat CBD Balikpapan beroperasi pada 2016 nanti.

Jadi, bagi anda yang ingin menjadi pengembang dan masih bingung dengan lahan mana yang akan dibeli.. boleh dicoab untuk melihat lahan di kota Balik Papan di Kalimantan karena masih tergolong dengan harga yang murah dan masih banyak prospek kedepan yang harus dilakukan untuk memajukan daerah tersebut.

 Baca Juga : 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *