Faktor yang dapat Menentukan Nilai Tanah

16 Januari 2017

Faktor yang dapat Menentukan Nilai Tanah  – Ada beberapa faktor yang sangat mempengaruhi  nilai suatu lahan atau tanah di suatu daerah. Oleh sebab itu, jika anda ingin membeli suatu lahan kosong atau tanah kosong, anda wajib memperhatikan faktor-faktornya terlebih dahulu. Karena jika anda salah langkah dan membelinya, maka dana atau modal anda kemungkinan akan tertanam dilahan tersebut.

Dibawah ini, akan kami coba berikan beberapa Contoh Faktor yang dapat menentukan nilai tanah anda apakah berharga atau hanya menjadi lahan kosong dan dibiarkan menjadi semak-belukar. Mari kita intip sedikit mengenai faktor-faktor tersebut

1.Faktor ekonomiFaktor ekonomiFaktor yang pertama adalah Faktor ekonomi yang sangat berhubungan dengan keadaan umum ekonomi lokal, regional, nasional dan internasional yang terdapat di daerah atau kawasan lahan tersebut. Variabel permintaan (demand) meliputi tingkat pekerjaan, upah rata-rata, tingkat pendapatan dan kekuatan pembelian, ketersediaan keuangan, ketertarikan dan biaya transaksi itu semua merupakan faktor yang berhubungan dengan ekonomi yang dapat menentukan nilai tanah di kawasan tersebut. Contoh : jika kita memberli sebuah lahan di dareha yang ekonominya kurang maju serta pendapatan dan  tingkat kehidupan masyarakatnya sangat rendah, maka otomatis nilai tanah didaerah tersebut akan sulit untuk naik karena tidak adanya pembangunan di kawasan tersebut.

2.Faktor sosial.

Faktor kedua adalah Faktor sosial yang membantu menerangkan pola penggunaan tanah dan juga permintaan serta harga tanah. Gengsi digunakan sebagai salah satu alasan untuk memilih suatu lokasi mendirikan pemukiman, tempat usaha, pabrik dan lain-lain. Hal ini dapat menyebabkan pelanggaran perubahan bahkan pelanggaran penggunaan tanah yang pada akhirnya mempengaruhi nilai tanah.

3.Faktor peraturan

Faktor ketiga adalah faktor pemerintahan dan politik. Kebijaksanaan peraturan dan kebijakan pemerintahan dan politik dapat juga meningkatkan atau menurunkan nilai tanah di kawasan . Kebijaksanaan yang baik dari pemerintah cenderung mendukung efisiensi perkembangan dan penggunaan tanah di kawasan  tersebut serta dapat membantu perekonomian dari kawasan itu.

4.Faktor fisik, lingkungan dan lokasi

Dan Faktor terakhir adalah Faktor fisik dari lahan tersebut juga mempengaruhi nilai harga dari lahan tersebut. Hal itu disebabkan fisik dari lahan tersebut menunjukkan biaya dan kegunaan dari lahan tersebut.

Nah, itu lah beberapa faktor yang dapat menentukan nilai tanah. Jadi, jika anda ingin membeli suatu lahan atau tanah, harap diperhatikan faktor-faktor diatas.

 Baca Juga : 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *