Faktor Yang Dapat Menentukan Harga Tanah

Faktor Yang Dapat Menentukan Harga Tanah

Faktor Yang Dapat Menentukan Harga Tanah yang Harus Kalian Ketahui

Sebelum kalian membeli tanah kalian harus apa Faktor Yang Dapat Menentukan Harga Tanah agar kalian menyesal saat membeli tanah dengan harga yang mahal tapi tidak strategis.

Topik pembicaraan harga tanah menghangat setelah pengumuman resmi dari pemindahan ibu kota ke Kalimantan Timur.

Harga tanah di daerah Penajam Paser Utara dan Kutai kartanegara, sebagai lokasi baru, dilaporkan mulai mengalami lonjakan.

Kenaikan ini tidak main-main bahwa sebanyak 400 persen untuk jangka waktu sampai dengan satu bulan.

Namun, selain kebijakan strategis pemerintah yang sebenarnya itu, faktor-faktor apa menentukan harga tanah itu?

Ketika dijabarkan secara mendalam akan banyak faktor yang terlihat dan tak terlihat yang membuat sebidang tanah bisa memiliki nilai yang tinggi.

Berikut ini adalah faktor fundamental yang paling yang menentukan harga tanah dan mempengaruhi naik turunnya nilai tanah.

Faktor Yang Menentukan Harga Tanah

1. Lokasi Yang Strategis Dan Memiliki Akses Yang Mudah

Loaksi strategis dan akses mudah

Faktor pertama adalah faktor utama yang paling menentukan harga tanah di suatu daerah.

Tanah yang terletak di pusat kota, dekat dengan fasilitas seperti sekolah, rumah sakit, pusat belanja, transportasi umum, jalan raya, dan memiliki akses ke jalan yang luas.

Tentu saja memiliki harga yang jauh lebih mahal daripada tanah yang susah mendapatkan akses tersebut.

2. Dominasi Pengenbang dan Kenaikan Permintaan

Dikuasai pengembang

Daerah yang tanahnya dikuasai oleh pengembang raksasa akan lebih kecenderungan untuk segera memiliki harga dua sampai tiga kali lebih dari sebelumnya.

Pengembang memiliki tujuan untuk mendapatkan keuntungan dan menyebabkan mereka untuk menjual tanah pada yang lebih tinggi harga dari harga pembelian.

Namun, setelah daerah tersebut dibangun, dipelihara dan dipromosikan oleh pengembang, permintaan dari konsumen yang ingin tinggal di daerah perumahan secara otomatis meningkat dan kenaikan lebih lanjut harga tanah di daerah tersebut.

3. Objek di Atas Tanah

Objek di atas tanah

Benda-benda yang dimaksud sini, bisa menjadi bangunan semi permanen yang telah dibangun sebelumnya, sumur, atau benda lain seperti tanaman ekonomis dan produktif.

Tanaman ekonomis dan produktif adalah tanaman yang dapat menghasilkan pendapatan saat dijual.

Dalam situasi ketika tanah dijual dan ada benda-benda di atasnya, harga tanah bisa lebih mahal daripada tanah gundul karena penambahan nilai objek yang dapat dibudidayakan ketika dijual atau menghasilkan pendapatan.

4. Bebas Bencana AlamBebas bencana alam

Faktor alam juga menjadi salah satu hal yang menentukan harga tanah. Di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung atau Surabaya, yang bebas banjir menjadi bahan promosi yang melakukan tanah dan rumah penjual.

Untuk melegitimasi harga tanah lebih tinggi dari daerah lain yang masih mengintai risiko banjir selama musim hujan.

Selain banjir, bencana alam lainnya seperti tanah longsor, letusan gunung berapi, dan gempa bumi juga menjadi keadaan yang menentukan harga tanah.

Lokasi yang tanahnya minim akan risiko bencana alam akan memiliki harga lebih tinggi dari daerah rawan bencana.

5. Biaya Admin dan Hitungan Tidak Berwujud Lainnya

Dalam membeli tanah, Anda tidak hanya akan menghabiskan uang untuk menjadi pemilik dariĀ  tanah tersebut. Namun dalam proses pembelian dan pembelian, banyak biaya administrasi dan suatu hal yang perlu ditambahkan ke harga tanah.

Beberapa di antaranya pajak pertambahan nilai (PPN), biaya akta jual, notaris, sertifikat, dan belum lagi ketika birokrasi tentang akta dan sertifikat di daerah yang sulit.

Kemudian, ada juga nilai kena pajak (NJOB) dan juga perhitungan inflasi per tahun. Perlu diingat bahwa kembali faktor-faktor ini adalah faktor yang paling dasar yang mempengaruhi harga tanah di wilayah tersebut.

Masih banyak aspek lain yang terlibat sebagai faktor sosial dan budaya sebelum Anda dapat membangun sebuah rumah impian.

Jadi, jangan buru-buru menghubungi jasa desain rumah dan menggunakan waktu Anda untuk penelitian segala sesuatu tentang membeli dan menjual tanah.

Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian sebelum membeli tanah yang menurut kalian strategis.

Kalian juga harus memikirkan faktor-faktor harga yang akan kalian keluarkan nantinya pada saat sudah membeli tanah tersenut

Author: jordan smith