Cara Pertimbangkan Antara Membeli Tanah Dengan Mencicil Rumah

14 Mei 2018

Cara Pertimbangkan Antara Membeli Tanah Dengan Mencicil Rumah-Untuk Anda yang ingin memiliki rumah khususnya rumah pertama akan dihadapkan dengan pertanyaan ini. Akan beberapa pilihan yang dapat Anda ambil, membeli tanah dahulu kemudian membangun sendiri atau membeli rumah dengan KPR. Pilihan tersebut sama-sama baik dan memberikan keuntungan tersendiri. Namun jika Anda sedang berpikir untuk memiliki properti, ada baiknya menyimak perbandingan membeli tanah atau membeli rumah KPR.

1. Membeli tanah

Jika Anda memilih untuk membeli tanah itu artinya Anda berniat untuk membangun rumah sendiri. Maka hal pertama yang perlu dipertimbangkan adalah lokasi dari tanah itu sendiri kemudian legalitas tanah. Berhati-hatilah mengenai legalitas, teliti surat-surat tanah tersebut sebelum membeli. Anda bisa periksa terlebih dahulu surat-surat tanah yang akan anda beli ke BPN (Badan Pertanahan Nasional) setempat dan Dinas Kota/ Daerah sebelum membelinya, hal ini untuk memastikan apakah lahan yang Anda beli tersebut diperbolehkan untuk membangun rumah tinggal yang sesuai dengan keinginan Anda.

2. Membeli rumah KPR

Jika Anda membeli rumah yang sudah siap pakai, Anda tidak akan direpotkan lagi dengan hal-hal seperti mencari tanah yang cocok untuk dibangun rumah, mencari lokasi, mengurus legalitas dan merencanakan pembangunan rumah yang tentunya memakan waktu dan usaha yang ekstra. Dengan semakin maraknya pasar perumahan dalam beberapa tahun terakhir, terutama di Jakarta, memudahkan masyarakat yang ingin membeli rumah. Terutama dengan fasilitas KPR, Anda akan lebih mudah dalam membeli rumah dengan fasilitas cicilan tersebut.

3. kesiapan bangunan

Ketika Anda membeli rumah KPR, rumah tersebut sudah siap pakai sehingga Anda tidak akan direpotkan dengan biaya dan waktu untuk konstruksi. Selain itu, Anda juga menghemat waktu karena tidak perlu mencari lokasi tanah yang cocok untuk pembangunan rumah serta merancang bangunan. Sementara, jika Anda membeli tanah, berarti Anda harus membangun rumah dari nol. Anda harus menyusun rencana mulai dari memilih lokasi, mengurus perizinan, memilih arsitek dan kontraktor, serta mengurus infrastruktur instalasi air, listrik, jaringan telepon dan sebagainya.

4. Desain bangunan

Dari segi desain bagunan membeli tanan dan kemudian membangunnya memberikan keleluasaan pada Anda untuk medasain sesuai dengan keinginan dan budget. Membangun rumah dengan konsep sendiri tentunya akan lebih memuaskan daripada membeli rumah jadi. Berbeda dengan membeli rumah jadi dimana Anda tidak memiliki kuasa untuk menentukan desain rumah tersebut. Umumnya seperti di perumahan desain rumah akan sama dengan rumah lainnya, sehingga tidak ada daya tarik dan keunikan sendiri masing-masing rumah.

5. kualitas bangunan

Ketika Anda membeli tanah untuk kemudian dibagun rumah, Anda memiliki kendali penuh untuk menentukan kontraktor dan bahan bangunan untuk pembangunan rumah. Kualitas bahan bangunan Anda tentukan sendiri dan mengawasinya dengan baik. Sehingga Anda bisa menjamin kualitas bangunan rumah tersebut. Selain itu Anda pun berpeluang menghemat biaya karena Anda bisa memilih kontraktor maupun bahan bangunan yang lebih sesuai dengan kebutuhan dan anggaran. Sementara, membeli rumah jadi mengharuskan Anda menerima bangunan dalam kondisi sudah siap pakai. Anda tidak memiliki kendali atas kualitas bahan bangunan. Jika Anda termasuk awam dalam hal properti, sebaiknya mengajak seseorang yang paham benar soal bangunan rumah ketika mengecek rumah yang akan dibeli agar tidak ada penyesalan di kemudian hari.

Jadi lebih baik membeli tanah untuk dibangun rumah atau membeli rumah yang sudah jadi dengan KPR? Semuanya akan kembali pada kebutuhan masing-masing orang. Jika Anda memiliki dana terbatas namun punya fleksibilitas waktu untuk mengurus pembangun rumah, maka membeli tanah bisa menjadi pilihan Anda. Akan tetapi, jika Anda memiliki dana cukup besar dan termasuk orang yang sibuk sehingga tidak punya banyak waktu untuk mengurus proses pembangunan rumah, lebih baik Anda membeli rumah yang sudah jadi. Pertimbangkan dengan matang dan lihatlah kemampuan keuangan Anda sebelum menentukan pilihan.

Baca juga:

 

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *