Cara Mudah Menentukan Harga Tanah Dan Rumah

21 Juli 2018

Untuk menentukan harga tanah atau rumah memang sangat penting bagi anda yang ingin melakukan transaksi jual beli tanah atau rumah. Contoh Harga rumah atau tanah yang variatif memang sangat berbeda saat anda melakukan transaksi jual beli emas. Dimana harga emas relative standar.

Saat anda menjual rumah atau tanah, maka anda harus mempu menentukan harga jual rumah yang tepat agar anda tidak rugi karena harga yang terlalu murah atau rumah anda cepat laku harga yang tidak terlalu mahal. Berikut ada beberapa cara untuk menentukan harga tanah dan rumah:

1. berdasarkan Njop

Sebagai pemilik rumah tentunya anda akan selalu menerima lembaran tagihan PBB(pajak bumi dan banggunan) setiap tahunnya. Di lembar PBB tsb maka aka nada informasi NJOP (nilai jual objek pajak) baik tanah maupun bangunannya menentukan harga jual rumah / tanah berdasarkan NJOP merupakan harga minimal yang harus anda tetapkan karena pada faktanya banyak sekali para penjual yang menentukan harga jual rumah jauh diatas NJOP, biasanya 2-3 kalinya dari NJOP.

2. berdasarkan Biaya dan Laba

Harga suatu barang pada dasarnya adalah semua biaya yang dikeluarkan plus profit (laba). Jadi untuk menentukan harga tanah / rumah dapat dihitung dari semua biaya yang anda keluarkan untuk membeli atau membangun property tersebut ditambah hasil inverstasi.

Perhitungan yang baku namun bebrapa pakar menyebutkan kenaikan harga properti biasanya berkisar antara 15-30% per tahunnya, maka anda dapat menggunakan factor misalnya 20% sebagai hasil investasi.

Misalnya anda membeli sebuah tanah dengan harga 100 juta (termasuk pajak) dan kemudian anda membangun sebuah rumah dengan biaya 100 juta, maka total biaya adalah 200 juta kemudian menjual kembali setelah 1 tahun maka anda dapat menjualnya dengan harga 200 juta + (20% x 200 juta) = 240 jt.

3. berdasarkan harga pasaran

Cara menentukan harga jual beli rumah/tanah berdasarkan harga pasaran ini yang sering banyak digunakan oleh masyarakat indonesia. Namun dengan adanya sedikit usaha dari anda untuk mencari dan menentukan harga pasaran rumah dan tanah di lokasi properti anda berada. Anda dapat mengetahui harga rumah anda.

Namun perlu anda ketahui, dalam menentukan harga jual rumah/properti sangat erat kaitannya dengan kondisi rumah, apakah masih baik ayau memiliki kerusakan yang dapat mengurangi harga jual.

Setelah anda selesai menentukan harga jual rumah/ properti, sekarrang saatnya anda mempromosikan rumah yang akan dijual tersebut, baik secara online maupun offline.

Baca juga: investasi tanah kovling