Cara Menghitung NJOP

Cara Menghitung NJOP

Cara Menghitung NJOB Yang Harus Kalian Pahami

Bagi mereka yang tidak pernah melakukan transaksi jual beli barang maupun tidak tau cara untuk menghitung NJOP atau membayar pajak atas tanah dan bangunan (PBB).

Ya, nilai dinilai atau NJOP adalah harga rata-rata transaksi pembelian dan penjualan, jika tidak ada pembelian atau penjualan nilai NJOP ditentukan berdasarkan perbandingan harga benda serupa lainnya, nilai akuisisi baru atau penggantian nilai dinilai.

Setiap daerah memiliki nilai NJOP yang berbeda dan biasanya digunakan sebagai dasar pajak PBB.

Nah bagi Anda yang ingin tahu cara membuat patokan untuk nilai berikut NJOP properti beginilah cara untuk menghitung NJOP.

Sebagaimana dijelaskan nilai sebelumnya NJOP dapat ditentukan berdasarkan tiga aspek yaitu:

Aspek yang Mempengaruhi NJOP

Harga objek perbandingan

Apa yang dimaksud dengan objek perbandingan harga adalah nilai NJOP objek berdasarkan perbandingan dengan sifat yang mirip dan terletak tidak berjauhan dan tahu bagaimana harga jual.

Nilai akuisisi baru

NJOP juga dapat ditentukan didasarkan pada metode nilai akuisisi baru, metode ini didasarkan pada perhitungan biaya untuk mendapatkan properti yang dibeli dan mengurangi kondisi fisik dari properti yang dibeli.

Nilai Jual Objek Pajak Pengganti

Sementara nilai jual pengganti adalah metode penentuan nilai kena pajak didasarkan pada produksi objek pajak tersebut.

Bagaimana menghitung NJOP per meter

NJOP menghitung tanah per meter didasarkan pada penilaian tanah menggunakan pendekatan perbandingan harga pasar. Sebagai catatan, perbandingan harga hanya dapat dilakukan atas dasar objek yang sama, terletak tidak jauh dan harga pasar yang sudah dikenal di muka.

Namun sebenarnya penentuan NJOP tanah per meter persegi per tahun yang dilakukan oleh Pemerintah Daerah dan dilakukan dalam jumlah besar. Penentuan ini dilakukan untuk besarnya NJOP menteukan untuk biaya PBB.

Perbandingan harga tanah dapat dilakukan dengan mengambil data harga melalui penjual, pembeli, notaris, badan pertanahan, hingga agen properti.

Selain perbandingan dilakukan dengan melihat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi harga tanah seperti lokasi, fasilitas di sekitar lokasi, kondisi tanah, aksesibelitas dan lain-lain.

Menentukan harga jual dari NJOP berdasarkan properti

Jika Anda sekarang ingin menjual properti, sebenarnya ada dua metode yang bisa dilakukan untuk menentukan harga jual. Yang pertama adalah berdasarkan harga pasar yang berlaku di sekitar properti dan kemudian dengan NJOP

. Nah, bagi anda yang ingin tahu bagaimana menghitung harga jual properti menggunakan NJOP berikut ini adalah cara. :

Misalkan luas tanah Anda              : 8m x 12m = 96 m2

Luas bangunan                                  : 6 m x 6 m = 36 m2

NJOP tanah                                        : Rp 1 juta per meter persegi

bangunan NJOP                                 : Rp 2.000.000 per meter persegi

Maka harga total tanah adalah        : 96 x Rp 1.000.000 = Rp 96.000.000

Total harga dari harga bangunan     : 36 x Rp 2.000.000 = Rp 72.000.000

Kemudian nilai penjualan rumah Anda adalah Rp 96.000.000 + Rp. 72.000.000 = 168 juta

Nah, itulah tadi cara menentukan nilai NJOP untuk tanah kalian. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian tentang cara menghitung NJOP tanah kalian.

Author: jordan smith