Cara Mencari Harga Tanah Yang Sesuai

23 Mei 2018

Tanah merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Sangat banyak yang ingin membeli tanah sebagai investasinya. Dan bagaimana cara mencari harga tanahnya. Untuk mengetahui harga tanah lahan atau tanah di wilayah tertentu sudah bukan merupakan hal yang sulit karena banyaknya media yang dapat menjadi sumber informasi seperti televise,surat kabar, atau internet. Kemudian untuk mengakses informasi ini karena bantuan kecanggihan teknologi. Dan anda dapat melakukan konfirmasi pada BPN bila terdapat perbedaan letak, bentuk, batas, dan luas bidang tanah. Secara umum informasi tentang harga lahan sesuai wilayah yang terdapat pada internet amat beragam. Harga lahan yang terdapat di Bogor tentu berbeda dengan tanah yang terletak di ibukota. Harga lahan dipengaruhi oleh keadaan tanah yang meliputi kontur, strategis atau tidak lokasinya, dan lain-lain.

Harga jual tanah

Ada beberapa hal yang penting untuk diperhatikan dalam menetapkan harga tanah. Bila lahan yang dimiliki berada di lingkungan yang nyaman, aman, dan bersih maka harganya tentu lebih tinggi dibandingkan tanah yang tidak memiliki kelebihan seperti yang telah disebutkan. Sebagai pedoman dalam menentukan harga sebaiknya cari informasi sebanyak mungkin tentang harga lahan yang berlaku pada wilayah tersebut. Tentu dapat menjual lahan dengan harga yang tinggi jika memang tanah kepunyaan yang dimiliki lebih luas daripada lahan milik penjual yang lain. Walaupun begitu sebaiknya jangan pula menetapkan harga yang terlalu tinggi agar persaingan harga di daerah yang bersangkutan tetap stabil.

Perhitungan harga tanah

Untuk menentukan harga lahan pada suatu wilayah sebenarnya terdapat rumus yang dapat diterapkan, yaitu harga jual merupakan nilai jual obyek tanah dikali luas tanah. Hasil perhitungan tersebut dapat menjadi patokan sebagai harga jual tanah. Namun rumus tersebut tidak berlaku mutlak karena masih ada faktor-faktor lain yang mempengaruhi seperti kondisi tanah. Dengan menerapkan cara ini lahan bisa terjual dalam waktu singkat.

Menentukan harga tanah dengan NJOP

NJOP adalah kepanjangan dari Nilai Jual Objek Pajak dan ini merupakan pedoman untuk menentukan harga properti seperti lahan bidang tanah atau rumah. NJOP adalah tentuan pajak untuk bangunan dan tanah yang pada tiap daerah di tanah air berlainan nilainya. Untuk mengetahui NJOP dari suatu wilayah, bisa mencari informasi dari pihak penjual Surat Tanda Terima Sementara yang diterima oleh pemilik objek pajak dari pihak daerah.

Pada kolom NJOP tercantum nilainya dalam satuan meter untuk lahan atau properti tersebut. NJOP mengalami kenaikan setiap tahun sehingga harus memperhatikan tahun terbitnya. Untuk menentukan nilai jual atau harga tanah, pada umumnya harga lahan atau properti adalah dua kali dari NJOP. Bisa juga sebidang tanah dijual dengan harga di bawah NJOP, tetapi itu biasanya untuk tanah yang sangat luas hingga 10 hektar lebih.

Sertifikat tanah

Dalam melakukan proses jual beli tanah tentu di jaman sekarang ini tak dapat dilakukan hanya dengan dasar saling mempercayai dan kemudian pembeli membayar uang yang diminta oleh penjual lalu selesai. Model transaksi seperti ini tidak sah di mata hukum negara dan untuk ke depannya nanti rawan terjadi konflik terutama bila tanah yang bersangkutan telah menjadi tanah warisan. Untuk itu jika kedua belah pihak saling menyetujui untuk melakukan transaksi jual beli tanah, maka harus mendatangi pejabat berwenang yaitu notaris atau Pejabat Pembuat Akta Tanah sebagai orang yang berkompeten.

Baca juga :

Tidak ada Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *