5 Lokasi Investasi Tanah yang Patut Dilirik dan Dipelajari

5 Lokasi Investasi Tanah yang Patut Dilirik dan Dipelajari – Berinvestasi pada tanah bisa disebut juga terkait dengan bisnis properti. Bedanya hanya pada objeknya. Tanah baru sebatas lahan tanpa ada bangunan di atasnya. Beda sama properti yang sudah menjadi satu antara tanah dan bangunan.

Sebelum berminat untuk mengembangbiakkan duit anda lewat berinvestasi tanah, ada baiknya kenali dulu jenis-jenis tanah untuk investasi. Setidaknya bisa menjadi patokan dalam membeli tanah. Ada 5 lokasi investasi tanah yang patut dilirik dan dipelajari oleh anda para calon investor tanah. Kelima lokasi adalah :

1. Tanah yang  belum berprospek pembangunanTanah yang  belum berprospek pembangunanJenis tanah ini belum masuk dalam rencana tata ruang yang spesifik. Misalnya saja, apakah untuk kawasan industri atau pemukiman. Maka itu membeli tanah jenis ini sifatnya spekulatif, tapi harganya lebih miring. Jika prediksi anda tepat maka di kawasan itu dibangun permukiman, pusat industri, dilewati jalan, atau pembangunan infrastruktur. Dan otomatis maka harga tanah merangkak naik. Begitu pun sebaliknya jika prediksi meleset. Harga tanah bakalan tetap statis.

Perkiraan harga tanah ini adalah sekitar Rp 150.000/mtr – Rp. 3000.000/mtr

2. Tanah yang berada di lokasi strategis

Biasanya lokasinya dekat dengan pusat kota, ada akses jalan raya, sudah terbangun infrastruktur, tersedia fasilitas umum dan sosial. Harganya pasti mahal dibanding tanah yang belum ada prospek pembangunan. Artinya menanamkan tanah di lokasi strategis butuh modal yang besar.

Perkiraan harga tanah ini adalah sekitar Rp 300.000/mtr – Rp. 600.000/mtr

3. Tanah idealTanah idealMaksudnya tanah ideal adalah dari luasannya. Maksudnya, ada rumus ideal dalam menentukan bentuk tanah yang ideal. Kebanyakan patokannya adalah lebar tanah di kisaran 40-75 persen. Konkretnya, tanah ideal itu yang berukuran 12X20 meter persegi, 8X18 meter persegi, 12X20 meter persegi, dan lain-lain. Tanah dengan ukuran itu sempurna untuk didirikan bangunan. Lebih-lebih jika bentuk tanahnya trapesium yang banyak dicari orang.

Perkiraan harga tanah ini adalah sekitar Rp 500.000/mtr –  Rp 1.000.000/mtr

4. Patokan tambahan

Ada unsur lainnya yang menjad patokan dalam memilih lokasi tanah yang bagus. Sebut saja kemiringan tanah, kepadatan tanah, lingkungan sekitar, dan sebagainya.

Perkiraan harga tanah ini adalah sekitar Rp. 500.000/mtr – Rp. 750.000/mtr

5. Pertimbangan tipe tanah kavling

Setelah tahu patokan dalam memilih tanah, pertimbangan lainnya adalah melihat tipe tanah kavling yang sesuai dengan letak dan posisinya terhadap lingkungan sekitar. Dalam buku “Menjadi Kaya melalui Properti” karya pengamat properti Panangian Simanungkalit, dibeberkan enam tipe tanah kavling.

Perkiraan harga tanah kavlingan ini adalag sekitar Rp. 200.000/mtr – Rp. 500.000/mtr

Nah, sudah tau kan ada beberapa faktor atau 5 Lokasi Investasi Tanah yang Patut Dilirik dan Dipelajari dengan baik-baik jika anda ingin menjadi investor tanah. Karena jika anda beruntung dan mendapatkan harga tanah yang murah kemudian tiba saaatnya saat anda ingin menjual tanah tersebut harganya bisa melambung tinggi sampai 10 kali lipat. Terima kasih telah mengunjungi website kami, untuk informasi lain silahkan dibaca panduan kami yang lain mengenai tanah.

Baca Juga : 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *